Berbekal Senjata dan Anjing Pelacak, Warga Lahat Buru Harimau yang Masuk ke Perkampungan Mereka

Yuddy Faifman · Senin, 18 November 2019 - 16:40:00 WIB
Berbekal Senjata dan Anjing Pelacak, Warga Lahat Buru Harimau yang Masuk ke Perkampungan Mereka
Warga memburu harimau di Desa Pulau Panas Lahat yang mulai meresahkan mereka. (Foto: iNews/Yuddy Faifman)

LAHAT, iNews.id - Warga Desa Pulau Panas Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), memburu harimau yang masuk ke permukiman mereka dan menerkam seorang warga hingga tewas. Mereka mengaku resah karena hewan buas itu kembali masuk desa dan memangsa ternak.

Pantauan iNews, warga mensiyir kawasan hutan untuk menghalau harimau masuk kampung dengan berbagai senjata dan anjing pelacak.

"Kalau bisa ditangkap. Kami tangkap, tapi setidaknya kami ingin mengusirnya supaya tidak kembali lagi ke desa," kata Kepala Desa Pulau Panas, Sumadi, kepada wartawan di Desa Pulau Panas, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, Sumsel, Senin (18/11/2019).

Menurut dia, setelah menerkam seorang warga, Kuswanto, pada Minggu (17/11/2019) kemarin. Harimau tersebut kemudian mendatangi lagi desa, dan memangsa kambing milik warga.

Karena itulah, dia dan warga desa sepakat untuk menghalau hewan buas tersebut keluar dari kampung mereka. Sebab, mereka juga khawatir harimau ini akan kembali memakan korban.

Pemilik ternak kambing yang menjadi korban, Alian mengatakan, kondisi ini membuat masyarakat resah. Bukan hanya soal kehilangan hewan peliharaannya, namun juga keselamatan warga.

"Makan korban warga dan ternak," ujar dia.

Selain menyisir kawasan hutan sambil membawa anjing pelacak dan berbagai senjata, masyarakat sekitar juga berencana untuk memasang perangkap harimau. Mereka ingin hewan tersebut menjauh dari desa dan area perkebunan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: