Belum Selesai dengan Ukraina, Rusia Ancam Finlandia

Susi Susanti · Sabtu, 14 Mei 2022 - 11:44:00 WIB
Belum Selesai dengan Ukraina, Rusia Ancam Finlandia
Finlandia berwacana gabung ke NATO, Rusia langsung mengeluarkan ancaman. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.idRusia yang masih sibuk dengan Ukraina, mengeluarkan ancaman keras ke negara tetangga yang lain yakni Filandia. Moskow mengancam akan mengambil langkah pembalasan jika Helsinki berencana bergabung dengan aliansi militer, NATO.

"Aksesi Finlandia ke NATO akan menyebabkan kerusakan serius pada hubungan bilateral Rusia-Finlandia dan pemeliharaan stabilitas dan keamanan di kawasan Eropa Utara," demikian pernyataan dari Rusia.

"Rusia akan dipaksa untuk mengambil langkah-langkah pembalasan, baik yang bersifat teknis-militer dan lainnya, untuk menetralisir ancaman terhadap keamanan nasionalnya yang muncul dari ini."

Namun, Moskow belum merinci langkah apa yang akan diambilnya.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan bahwa pemerintahnya akan mengambil keputusan terkait keanggotaan NATO dalam beberapa hari ke depan. Dia menyalahkan Rusia yang mendorong langkah Finlandia untuk mendekat ke NATO dengan menyerang Ukraina.

Diketahui Finlandia berbagi perbatasan 1.300 km dengan Rusia dan sampai saat ini berada di luar NATO untuk menghindari permusuhan dengan tetangganya itu. Namun, situasi itu berubah dengan aksi militer Rusia ke Ukraina pada Februari.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: