Bantu Warga Terdampak Pandemi, Perawat di Palembang Dirikan Warung Rp2.000

Bambang Irawan ยท Senin, 28 September 2020 - 11:26 WIB
Bantu Warga Terdampak Pandemi, Perawat di Palembang Dirikan Warung Rp2.000
Warung makan perawat Rp2.000 di Palembang, Sumsel (Bambang Irawan/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Aksi terpuji dilakukan Komunitas Perawat Peduli Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Mereka mendirikan warung makan untuk warga miskin yang terimbas pandemi Covid-19.

Warung makan ini didirikan di kawasan kumuh Rumah Susun (rusun) 24 Ilir, Palembang, Sumsel. Warung ini istimewa, karena warga cukup membayar Rp2.000 dan bisa membawa pulang seporsi nasi lengkap dengan sayur dan buah.

Dari pantauan di lapangan, Senin (28/9/2020), puluhan warga Rumah Susun Kelurahan 24 Ilir Palembang rela antre untuk mendapatkan seporsi nasi. Satu porsi makan itu terdiri dari lauk ikan, tempe, sayur asam dan buah jeruk.

Warga cukup membayar Rp2.000. Tak perlu khawatir jika tidak memiliki uang, warga juga bisa makan gratis tapi harus syaratnya harus menjalankan protokol kesehatan yakni menggunakan masker.

Warga datang  ke warung makan perawat Rp2.000 di Palembang, Sumsel (Bambang Irawan/iNews)
Warga datang ke warung makan perawat Rp2.000 di Palembang, Sumsel (Bambang Irawan/iNews)

Sementara untuk jaga jarak, para perawat ini semaksimal mungkin mengatur warga agar tetap tertib. Jika tidak mengindahkan syarat ini maka tidak akan dilayani.

"Benar, ini salah satu kontribusi dalam Covid-19," kata Pendiri Komunitas Peduli Perawat Palembang Fitriono Bagustio saat ditemui iNews, Senin (28/9/2020).

Fitri menambahkan, wrung makan perawat merupakan bentuk kepedulian para perawat di Bumi Sriwijaya untuk membantu warga yang berjuang di tengah pandemi Covid-19.

Fitri menambahkan, komunitas ini berdiri satu tahun lalu tidak hanya mendirikan rumah makan perawat, di mana setiap jumat dengan tagline Jumat berkah mereka pun membagikan ratusan nasi kotak secara gratis kepada warga.

"Hal ini demi membantu warga di tengah pandemi Covid-19," kata Fitriono.

Warung makan perawat Rp2.000 di Palembang, Sumsel (Bambang Irawan/iNews)
Warung makan perawat Rp2.000 di Palembang, Sumsel (Bambang Irawan/iNews)

Sementara itu, warga bernama Siti Zubaidah mengatakan, warung makan perawat ini sangat membantu keluarganya yang terkena dampak Covid-19. Siti mengakui pendapatannya turun sejak pandemi Covid-19.

"Rp2.000, ini dapat lumayan, ikan, nasi, sayur asem ada buahnya. Pendapatan kami turun drastis karena suami terkena PHK, " kata dia.

Fitri berharap rumah makan perawat bisa menginspirasi siapapun untuk berbagi pada masa pandemi ini.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto