Banjir di Musi Banyuasin Rendam Ratusan Rumah akibat Hujan Deras

Edi Lestari ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 20:45 WIB
Banjir di Musi Banyuasin Rendam Ratusan Rumah akibat Hujan Deras
Sejumlah warga Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Keluang, Musi Banyuasin memanfaatkan banjir untuk mandi. (Foto: iNews/Edi Lestari)

MUSI BANYUASIN, iNews.id - Ratusan rumah di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Keluang, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terendam banjir setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi, Minggu (16/2/2020).

Banjir diperparah dengan meluapnya Sungai Musi dan Dawas hingga memutus akses jalan. Akibatnya, aktivitas warga terganggu karena tak ada perahu sampan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Banyuasin, Indita mengatakan, meski banjir relatif tinggi mencapai satu meter warga masih bertahan di rumah mereka karena mayoritas merupakan rumah panggung. “Warga masih bertahan di rumah. Namun sebagian rumah warga yang tak memiliki tiang sudah terendam banjir,” katanya.

Dia mengatakan, banjir yang merendam Desa Tanjung Dalam selain akibat intensitas yang tinggi dalam beberapa hari terakhir, juga diakibatkan meluapnya Sungai Musi dan Dawas. “Kedua sungai itu tak mampu menampung debit air,” ucapnya.

Warga Desa Tanjung Dalam, Keluang, Musi Banyuasin mandi dari air banjir. (Foto: iNews/Edy Lestari)
Warga Desa Tanjung Dalam, Keluang, Musi Banyuasin mandi dari air banjir. (Foto: iNews/Edy Lestari)

Hingga kini, kata dia, petugas BPBD terus memantau lokasi yang terdampak banjir. Sebab, dikhawatirkan banjir akan meluas karena intensitas hujan masih tinggi. “Menurut prediksi BMKG Sumatera Selatan, cuaca ekstrem ini akan berlansung hingga bulan Maret,” katanya.

Jika kondisi banjir terus naik, kata dua, tim BPBD akan mengevakuasi warga terdampak banjir, terutama warga yang tinggal di tepi bantaran sungai.


Editor : Kastolani Marzuki