Banjir Bandang di Lahat, BPBD Sumsel: Satu Orang Hanyut dan Akses Jalan Terputus

Era Neizma Wedya , Antara ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 15:51 WIB
Banjir Bandang di Lahat, BPBD Sumsel: Satu Orang Hanyut dan Akses Jalan Terputus
Sisa banjir dan kondisi sungai di Kabupaten Lahat, Sumsel (Bala Putra/iNews)

LAHAT, iNews.id - Empat desa di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terendam akibat banjir bandang. Keempat desa itu adalah Desa Tajung Sirih, Lubuk Sepang, Ngulam Baru dan Gunung Kembang.

Kapolres Lahat AKBP Irwansyah mengatakan, banjir bandang ini diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam sejak Kamis dinihari (9/1/2020).

"Empat desa terendam banjir setinggi 1,5 meter karena hujan deras dan tanggul penahan banjir jebol," kata Irwansyah kepada wartawan.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Lebat, Longsor dan Banjir Bandang Terjang 3 Kecamatan di Lahat

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono mengatakan banjir bandang yang terjadi di Lahat juga mengakibatkan akses jalan terputus.

"Banjir ini juga mengakibatkan jalan nasional penghubung Kabupaten Lahat dan Kabupaten Tebing Tinggi di Kikim Timur terputus," kata dia.

BACA JUGA: Jalur dari Lahat ke Pagar Alam Terputus akibat Tanah Longsor

Lebih lanjut Marjono mengatakan, luapan air yang menyebabkan banjir bandang berasal dari Sungai Lematang dan Sungai Kikim.

Selain mengakibatkan jalan terputus, kata Marjono, banjir bandang juga menghanyutkan satu warga dan satu rumah di Sukarami Gumay Talang, Lahat.

"Kami belum bisa ke lokasi, karena di Gumay Talang macet total akibat banjir," kata Marjono.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto