Atasi Banjir, Pemprov Sumsel Akan Bangun Kolam Retensi Seluas 1 Hektare

Dede Febriansyah ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 20:45 WIB
Atasi Banjir, Pemprov Sumsel Akan Bangun Kolam Retensi Seluas 1 Hektare
Ratusan rumah di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali terendam banjir setinggi dua meter (Firdaus/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Banjir yang sering terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). Untuk itu, pemprov Sumsel mencari cara agar banjir di wilayah DAS tidak terulang.

Plh Sekretaris Dinas PSDA Sumsel, Yudi Saputra mengatakan, pihaknya akan segera memperluas kolam retensi Arafuru pada tahun 2020. Kolam ini dipercaya bisa mengatasi masalah banjir di DAS Buah Palembang.

"Kolam dengan luas satu hektar ini akan diperluas dengan menambah satu kolam baru dengan ukuran dan kapasitas yang sama," kata Yudi, Rabu (26/2/2020).

Yudi menambahkan, untuk membuat kolam tersebut, Pemprov Sumsel mengalokasikan anggaran sebesar Rp2 miliar.

Rencananya, kolam itu memiliki kedalaman mencapai lima meter dengan kapasitas tampung mencapai 45 ribu m3. Jika sudah beroperasi, kawasan yang kerap terkena banjir bisa berkurang.

"Dari perhitungan konsultan itu bisa mengurangi 25 persen kawasan yang terdampak banjir untuk areal sepanjang kawasan DAS Buah," kata dia.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, rencana pembangunan kolam ini sudah ada sejak awal tahun 2015 lalu, kolam retensi Arafuru akan dibangun dengan total lahan seluas lima hektare.

Melihat kondisi saat ini, di sekitar areal yang telah dipadati pemukiman, pihaknya terpaksa mengoptimalkan keberadaan kolam yang ada.

"Dengan kondisi sekarang, kami hanya bisa mengoptimalisasi dengan penyisiran drainase penghubung untuk inlet dan outlet kolam agar kolam berfungsi. Saat hujan air bisa ditampung dan saat kemarau air bisa dialirkan kembali ke sungai," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto