Asyik Makan Siang, Pembobol Rumah Kosong di Palembang Kaget Tiba-Tiba Ditangkap Polisi

Firdaus ยท Selasa, 25 Agustus 2020 - 13:05:00 WIB
Asyik Makan Siang, Pembobol Rumah Kosong di Palembang Kaget Tiba-Tiba Ditangkap Polisi
Salah satu pencuri spesialis rumah kosong masih memegang piringnya saat ditangkap polisi di rumah persembunyiannya di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (25/8/2020). (Foto: iNews/Firdaus)

PALEMBANG, iNews.id – Dua pelaku spesialis pencurian rumah kosong diringkus petugas Satreskrim Mapolsek Kalidoni, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Salah satu pelaku ditangkap saat makan siang di tempat persembunyian dan seorang lagi diamankan saat di pinggir jalan.

Polisi yang telah mengetahui persembunyian salah satu pelaku spesialis pembobol rumah kosong, Rudi Irawan (20), langsung mendobrak pintu rumah. Karena sedang asyik menikmati makan siang, Rudi Irawan, tampak kaget dan tak berkutik ditangkap polisi. Pelaku juga masih tampak memegang piringnya.

Petugas Satreskrim Mapolsek Kalidoni sebelumnya telah terlebih dulu menangkap Jeri Saputra (24), di pinggir jalan. Dari hasil pemeriksaan, pelaku Jeri mengaku melakukan pencurian bersama rekannya Rudi Irawan.

“Kedua pelaku ini merupakan spesialis pelaku pencurian rumah kosong,” kata Kanit Reskrim Mapolsek Kalidoni Palembang Ipda Deni Irawan di Palembang, Selasa (25/8/2020).

Kedua pelaku kemudian digelandang Mapolsek Kalidoni Palembang dan untuk pemeriksaan. Dari keterangan kedua pelaku, mereka melakukan pencurian di rumah korban kompleks Perumahan Griya Lestari Abadi, Kelurahan Kalidoni, Kecamatan Kalidoni.

Pelaku mengetahui kalau rumah tersebut kosong karena sedang ditinggal pergi pemiliknya. Pelaku lalu masuk ke dalam rumah korban melalui jendela dan mengambil barang berharga milik korban.

“Modusnya, kedua pelaku berkeliling mencari rumah yang kosong yang tidak ada penghuni atau penghuni yang keluar rumah. Kemudian, mereka memasukui rumah itu dengan cara mencongkel, mengambil barang-barang berharga milik korban,” kata Ipda Deni Irawan.

Dari dalam rumah korban, kedua pelaku menggasak satu buah tabung gas 3 kilogram dan satu unit televisi. Barang hasil curian kemudian dijual di kawasan Pasar Loak Cinde Ilir Timur Satu Palembang.

Salah satu pelaku, Jeri Saputra menjelaskan, dia dan temannya masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel dan merusak jendela serta terali menggunakan obeng. “Setelah itu, kami masuk ke rumah yang kosong dan membawa tabung gas, televisi,” kata Jeri Saputra.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan dan mendekam dalam sel tahanan Mapolsek Kalidoni Palembang. Kedua pelaku terancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Maria Christina