28 Tenaga Medis di RS Muhammadiyah Palembang Positif Corona

Antara ยท Sabtu, 16 Mei 2020 - 13:35:00 WIB
28 Tenaga Medis di RS Muhammadiyah Palembang Positif Corona
Ilustrasi tenaga medis. (Foto: Antara).

PALEMBANG, iNews.id - Sebanyak 28 tenaga medis di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang terkonfirmasi positif virus corona. Mereka diduga terpapar seorang pasien Covid-19.

Direktur RS Muhammadiyah Palembang, Pangestu Widodo, membenarkan adanya 28 tenaga medis positif berdasarkan hasil uji swab. Mereka saat ini sedang menjalani karantina selama 14 hari.

"Sebetulnya 29 tenaga medis yang merawat pasien itu. Namun satu orang dinyatakan negatif," kata Pangestu di Kota Palembang, Sumsel, Sabtu (16/5/2020).

Menurut dia, sebanyak 29 tenaga medis tersebut awalnya melakukan rapid test. Namun semua hasilnya negatif. Kemudian rumah sakit tetap adakan pemeriksaan swab untuk memastikannya.

"Ternyata 28 dinyatakan positif," ujar dia 

Dia memastikan, 28 tenaga medis tersebut sudah menjalani isolasi dan tidak dalam kondisi bekerja. Ruangan pasien positif Covid-19 juga sudah dibersihkan secara berkala dengan disinfektan.

Pangestu mengatakan, masyarakat yang ingin berobat ke RS Muhammadiyah Palembang diminta tidak khawatir. Sebab pelayanan masih berjalan normal, dan petugas menjalani pemeriksaan ketat.

Sebelumnya Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Sumsel, Yusri mengatakan, semua tenaga medis telah melalui pemeriksaan ketat setelah merawat pasien diduga terinfeksi Covid-19.

"Bahkan sebelum hasil swab tenaga medis itu keluar, semuanya sudah dikarantina, jadi yang bekerja sekarang ini baik di puskesmas atau rumah sakit itu berarti dinyatakan sehat," kata Yusri.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal