25 Anggota DPRD Akan Jadi Saksi di Sidang Lanjutan Kasus Suap Bupati Muara Enim

Antara ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 10:49 WIB
25 Anggota DPRD Akan Jadi Saksi di Sidang Lanjutan Kasus Suap Bupati Muara Enim
JPU KPK, Roy Riadi yang menangangi kasus sdugaan suap Bupati Muara Enim di Pengadilan Tipikor Palembang (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil 25 anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Mereka akan menjadi saksi di persidangan kasus untuk terdakwa Elfin MZ Muchtar.

Elfin merupakan mantan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim. Dia diduga terlibat kasus suap yang menjerat Bupati Muara Enim non-aktif Ahmad Yani.

"Insyaallah nanti dihadirkan nama-nama yang kemarin ada dalam dakwaan, tapi kami lihat dulu apakah bisa dipanggil semua atau hanya sebagian," kata JPU KPK, Roy Riadi di Palembang.

Roy menambahkan, nantinya 25 anggota DPRD itu akan menjadi saksi terkait BAP dan keterangan terdakwa Elfin selaku pengatur proyek dan Robi Okta Fahlevi sebagai penyuap, di mana 25 anggota tersebut diduga turut menerima fee dari komitmen fee yang diberikan Robi.

BACA JUGA: Penyuap Bupati Muara Enim Dituntut 3 Tahun Penjara

Seperti diketahui, JPU KPK menuntut Robi Okta Fahlevi tiga tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider 6 bulan. Robi Okta merupakan kontraktor sekaligus penyuap Bupati Muara Enim nonaktif Ahmad Yani dalam kasus dugaan suap 16 paket proyek jalan. Usai dituntut, Robi akan mengajukan pledoi pada Selasa (21/1/2020).

Selama proses persidangan Robi mengakui telah memberikan uang senilai Rp12,5 Miliar kepada Elfin MZ Muchtar yang kemudian dikirim bertahap kepada Bupati Muara Enim non-aktif, Ahmad Yani sebagai komitmen fee sebesar 10 persen dari total nilai proyek yakni Rp132 Miliar.

Robi juga memberikan sejumlah uang kepada Wakil Bupati Muara Enim, Ketua DPRD Muara Enim dan Pokja Lelang yang total besaranya 5 persen dari nilai proyek.

Komitmen fee dengan total 15 persen tersebut agar terdakwa mendapatkan 16 paket proyek jalan terkait dana aspirasi DPRD Muara Enim Tahun 2019 di Dinas PUPR Muara Enim.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto