Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat Letjen TNI Teguh Muji Angkasa dan rombongan berkunjung ke Kabupaten OKI. (Foto: Fitriadi)
Fitriadi

OKI, iNews.id - Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat Letjen TNI Teguh Muji Angkasa berkunjung ke Kabupaten OKI, Sumsel. Jenderal bintang 3 ini meninjau langsung latihan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di OKI.

Kabupaten OKI merupakan daerah rawan karhutla dan penyumbang asap terbesar pada 2015. Karena itu, Kabupaten OKI diminta untuk lebih serius dalam melakukan penindakan dan penanganan bencana karhutla.

"Jangan sampai hal serupa kembali terulang, kan 2015 Kabupaten penyumbang asap terbesar," ujar Letjen Teguh Muji Angkasa, Sabtu (19/11/2022).

Menurutnya, kerja sama yang baik semua pihak sangat penting, terutama untuk pencegahan karhutla sejak dini. Kemudian sosialisasi dampak karhutla ke masyarakat, dan penegakan hukum bagi pelaku pembakaran juga harus tegas. "Jadi harus ada kerja sama yang baik, siapa melakukan apa, dan tentu dikomando bupati," katanya.

Diketahui OKI merupakan kabupaten terluas di Sumsel dengan sebagian rawa dan gambut. Pada musim kemarau, rawa dan gambut kering rawan terbakar dan sulit dipadamkan.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT