Desa yang tidak membuat laporan penyerapan anggaran tahun sebelumnya tidak mendapatkan lagi alokasi dana desa.. (Foto: Ilustrasi/Ist)
balaputra

LAHAT, iNews.id - Dua desa di Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat, Sumsel tidak lagi menerima dana desa (DD). Kedua desa yakni Tanjung Kurung Ilir dan Tanjung Raye tidak lagi mendapatkan kucuran dana desa 2022 karena tidak melengkapi berkas penyerapan DD tahun sebelumnya.

Kabid Administrasi Pemerintahan Dinas Pemberdayaan Masyaraat dan Desa (DPMDes) Lahat, Ari Efendi mengatakan, pada tahap pertama tahun 2022 alokasi dana desa telah disalurkan ke 358 desa. 

Terdapat dua desa tidak melengkapi berkas penyerapan dari penggunaan dana desa tahap sebelumnya, dampaknya dana desa tidak bisa disalurkan. 

"Desa Tanjung Kurung Ilir semenjak 2020, 2021, dan 2022 tahap 1. Sementara untuk Desa Tanjung Raye semenjak tahap 3 tahun 2021, karena tidak melengkapi penyerapan anggaran. Yakni 50 persen penyerapan anggaran, dan 35 capaian fisik. Persentase-nya berdasarkan data dari kecamatan," katanya, Kamis (30/6/2022). 

Untuk pencairan dana desa tahap II ditarget desa-desa sudah melengkapi berkas paling lambat Juli 2022 ini. Sementara sampai saat ini sudah ada enam desa yang sudah melakukan penyaluran DD Tahap II, karena berkas persyaratan lengkap. 

"Karena syarat penyerapan anggaran lengkap, sehingga bisa disalurkan. Nah untuk dana desa untuk tahap III rencananya di Oktober 2022 mendatang," katanya. 


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT